Minggu, 05 Maret 2017

Rahasia Tetap Cerdas di Dunia yang Semakin Sibuk

Keep learning. Itu cara saya berjalan di dunia yang semakin sibuk. Ini adalah cara paling purba sehingga tercipta kebudayaan di setiap generasi. Cara ini sudah banyak ditinggalkan karena kesibukan sehari-hari yang sulit dikompromi. Setidaknya, begitu kata beberapa orang yang saya kenal. Apalagi, informasi apapun sudah tersedia di grup-grup WA. Seperti air bah, informasi membanjiri grup WA semudah mengklik tombol  “meneruskan” atau “copas”. Sebagian besar penge-share bahkan tak membaca dengan seksama apa yang dibagi di grup. Makanya, kita perlu cerdas mengenali informasi yang kita terima.

Rahasia Tetap Cerdas di Dunia yang Semakin Sibuk

Saya punya tips untuk tetap cerdas di dunia yang semakin sibuk. Apakah itu?
  1. Membaca buku untuk perluas wawasan dan terus terinSpirasi. Pilih buku yang bisa dipegang (real book), bukan buku digital, apalagi broadcast di social messenger, ya. Luangkan waktu membaca buku setiap hari. Buat target 1 buku dalam dua hari (sebagai permulaan). Baca per bab di sela hectic kegiatan seperti di artikel Banyak Kegiatan dan Bingung Bikin Prioritas? Saya Punya Tipsnya! Normalnya butuh 10 menit setiap satu bab.
  2. Baca tutorial dari blog atau youtube bisa menambah skill dan kompetensi baru. meski tak segera praktek, tetapi tetap tersimpan di memori, sehingga kita bisa menjadi orang yang lebih kreatif (dan bahagia)
  3. Lakukan brainstorming agar lebih kreatif menggali ide. Brainstorming bisa dilakukan sendiri dan berkelompok. Buat soal sendiri dan cari pemecahannya sebanyak dan sekreatif mungkin. Atau, saya lebih suka melakukannya secara kreatif melalui acara jagongan dengan teman-teman. Ada banyak jagong yang menjadi trend sekarang, seperti jagong budaya, jagong seni, jagong politik, dll. Bonusnya, networking kita semakin banyak.
  4. Seperti biasa, tips dari easyfuntips selalu sederhana dan mudah dilakukan. Share ya, agar lebih banyak yang tahu. Jangan lupa, buka semua artikel lifehack agar praktekmu lebih mudah.

0 komentar:

Posting Komentar